Distro Linux di menu sistem operasi



Hai kawan berjumpa lagi di blog saya,kemarin saya sudah membahas tentang manajemen memory.
Kali ini saya akan membahas tentang Distro Linux di Menu Sistem Operasi penasaran kan silahkan di simak…

A.    SISTEM OPERASI LINUX
Linux (atau GNU/Linux, lihat kontroversi penamaannya) adalah nama yang diberikan kepada kumpulan sistem operasi Mirip-Unix yang menggunakan Kernel Linux sebagai kernelnya. Linux merupakan proyek perangkat lunak bebas dan sumber terbuka terbesar di dunia.Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
Linux telah lama dikenal sebagai sistem yang fleksibel dan aman untuk penggunaan di peladen-peladen serta banyak didukung oleh perusahan-perusahaan komputer terkenal seperti IntelDellHewlett-PackardIBMNovellOracle CorporationRed Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktopsuperkomputer,dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2PlayStation 3 dan XBox)telepon pintar berbasis Android dan router.
Berbagai pengamat teknologi informasi menganggaap bahwa kesuksesan Linux dikarenakan distribusi Linux tidak bergantung pada vendor, biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan sistem operasi Unix tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model perangkat lunak sumber terbuka.
Dalam Linux, dikenal istilah distribusi Linux (atau sering disebut distro Linux). Mereka merupakan sistem-sistem operasi Linux yang dasarnya dari Kernel Linux dan sistem manajemen paket (biasanya).

Nah kawan itu adalah pengertian atau penjelasan dari sistem operasi linux selanjutnya saya akan menjelaskan distro dari linux.
B.    MACAM-MACAM DISTRO LINUX

1.  DEBIAN



Debian adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi Linux yang populer dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.
Debian terkenal dengan sikap tegas pada filosofi dari Unix dan perangkat lunak bebas. Debian dapat digunakan pada beragam perangkat keras, mulai dari komputer jinjing dan desktop hingga telepon dan server. Debian fokus pada kestabilan dan keamanan. Debian banyak digunakan sebagai basis dari banyak distribusi GNU/Linux lainnya.
Sistem operasi Debian merupakan gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya. Dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti UbuntuXubuntuKnoppixMint, dan sebagainya, maka Debian merupakan distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia.


2.  UBUNTU



Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasis Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas.
Ubuntu ditawarkan dalam tiga edisi resmi: Ubuntu Desktop untuk komputer pribadi, Ubuntu Server untuk server dan komputasi awan, dan Ubuntu Core untuk "Internet untuk Segala", perangkat kecil dan robot.Versi baru Ubuntu dengan dukungan standar dirilis tujuh bulan sekali, sementara untuk versi dukungan jangka-panjang (LTS) dirilis dua tahun sekali.Rilis terbaru Ubuntu dengan dukungan standar adalah 19.10 (Eoan Ermine) sementara untuk versi LTS adalah 18.04 (Bionic Beaver), yang mendapat tambahan jangka waktu dukungan hingga 10 tahun, tidak seperti versi LTS lain yang mendapat dukungan hingga lima tahun saja.
Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama"Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.
Ubuntu adalah sistem operasi populer untuk komputasi awan, dan dijadikan sistem operasi rujukan bagi OpenStack.






3.  LINUX MINT



Linux Mint merupakan distribusi Linux berbasis Debian-Ubuntu yang bertujuan untuk "membuat sistem operasi yang modern, elegan, dan nyaman yang kuat dan mudah dipakai".Dibuat oleh Clement Lefebvre, dan dikembangkan secara aktif oleh tim maupun komunitas yang ada di dalamnya.Distribusi ini juga menyediakan versi Debian dengan nama Linux Mint Debian Edition (LMDE). Salah satu ciri khusus yang dimiliki Linux
Mint adalah desktop Cinnamon yang dikembangkan oleh tim pengembang Linux Mint.

4.  RED HAT



Red Hat adalah salah satu perusahaan terbesar dan dikenal untuk dedikasinya atas perangkat lunak sumber terbuka. Red Hat didirikan pada 1993 dan bermarkas di Raleigh, North Carolina, Amerika Serikat. Red Hat terkenal karena produknya Red Hat Linux salah satu distro Linux utama.

5.  FEDORA



Fedora adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat. Nama Fedora berasal dari karakter fedora yang digunakan di logo Red Hat.





6.  CENTOS



CentOS adalah sebuah distribusi linux sebagai bentuk dari usaha untuk menyediakan platform komputasi berkelas enterprise yang memiliki kompatibilitas kode biner sepenuhnya dengan kode sumber yang menjadi induknya, Red Hat Enterprise Linux.


kali ini saya mau jelasin nih tentang management paket
apasih management paket itu ?
Sebuah package manager atau sistem manajemen paket adalah kumpulan perangkat untuk mengotomatisasi proses instalasi, upgrade, konfiguras, atau menghapus paket software dari sebuah komputer menggunakan cara tertentu. Package manager biasanya menangani basis data dari ketergantungan perangkat lunak dan informasi versi untuk mencegah ketidakcocokan perangkat lunak dan kekurangan prasyarat perangkat lunak. Linux dan sistem Unix lainnya biasanya mengelola ribuan paket berlainan.

tujuannya si manajemen paket apasi?

tujuannya si manajemen paket tuh :
  • memastikan semua bagian dari paket software terpasang sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya.
  • Memastikan semua bagian dari paket software dapat digunakan sesuai fungsinya masing masing.




nah disini saya mau ngasih beberapa contoh software manajemen paket

1.  Aptitude

aptitude merupakan program pengembangan dari apt-get, dengan fungsi utama yang sama dengan apt-get, aptitude berjalan pada terminal linux, jika ingin menjalakannya cukum mengetik aptitude pada layar terminal.
nah disini saya akan mencoba menginstall gedit menggunakan aptitude

abis itu kita cek menggunakan command “dpkg –list | grep gedit” untuk mengecek apakah si gedit yang kita install tadi udah keinstall apa belom

nah untuk jalanin gedit, kita buka lewat terminal


abis itu kita remove si geditnya

abis itu kita cek statusnya apa masih keinstall atau udah kaga

nah udah keliatan tuh tulisannnya deinstall
abis itu kita purge si geditnya

trus buat ngecek udah berhasil ke purgenya atau belum kita cek lagi pake perintah

2.  DPKG

dpkg (debian package manager)
Perangkat lunak dasar pada sistem manajemen paket debian. Tool dpkg digunakan untuk memasang, menghapus, dam memberikan informasi tentang paket yang berupa berkas .deb, jika ingin menginstall menggunakan dpkg diharuskan untuk download filenya terlebih dahulu.
Nah dpkg itu mempunyai fitur fitur, istilahnya yang penting pentingnya aja. dpkg fiturnya tuh :
– Melihat file konfigurasi atau file spesifik lainnya dari dalam paket. ( dpkg –info namapaket.deb )
– Menginstall, termasuk unpack file dan mengkonfigurasi nya ke filesystem di hardisk. ( dpkg –install kebosalto.deb )
– Unpack, ( tapi gausah di konfigurasi ) ke filesystem di hardisk. ( dpkg –unpack namapaket.deb )
– Mengkonfigurasi, ( paket tadi kan belom di konfigurasi ) paket yang abis di unpack ke filesystem di hardisk. ( dpkg –configure namapaket ) <- namapaket bukan nama arsip yang didownload, tapi nama aplikasinya.
– Membuat paket .deb dari file arsip debian. ( dpkg –fsys-tarfile foo_VVV-RRR.deb ) ( tarfile = nama file yang mau dibuat .deb )
– Menghapus paket ( tanpa file konfigurasi nya ), dpkg –remove namapaket.
– Menghapus paket ( disertai file konfigurasi nya ), dpkg –purge namapaket.
nah disini saya mau install chrome gunain dpkg, cuma sebelum install kita download dulu si file dpkg chromenya abis itu barudeh install



nah chromenya udah berhasil keinstall




nah untuk remove dengan dpkg cukup mengetik perintah

setelah itu kita cek beneran ke uninstall atau tidak
abis itu kita purge si chromenya



nah untuk ngecek apa purgingnya berhasil atau engga

3.  APT

APT ( Advance package tool ) adalah aplikasi berbasis command line yang dapat digunakan untuk menangani urusan instalasi dan un-install paket software berbasis distro debian dan turunannya.
nah sekarang saya mau kasih tau cara install menggunakan apt
aplikasi yang diinstall itu gimp
pertama kita install dengan command apt-get install nama aplikasi

nah si gimpnya berhasil terinstall

abis diinstall trus remove deh kayak tadi cuma sekarang menggunakan perintah apt-get
abis itu cek apakah sudah ke uninstall apa belom
abis itu kita purge deh si gimpnya
buat ngecek apakah perintah yang sebelumnya kita lakukan itu benar atau tidak adalah dengan perintah
nah udah deh penjelasan tentang manajemen paketnya


sekarang saya mau kasih beberapa point
kan dari tadi tuh kita install trus remove abis itu purge, nah bedanya si remove dan purge itu apasi?
  • Jika kita meremove sebuah paket gunain dpkg, apt atau aptitude dia hanya sebatas menguninstall paketnya.
  • nah kalo si purge itu penghapusan semua data yang ada dalam paket itu.
Nah sekian dulu ya dari saya sampai jumpa lagi ya good bey…

Komentar

Postingan Populer