Teknologi Disk

Disk adalah media penyimpanan dari komputer maupun laptop.
ada 3 macam jenis disk
  • HDD
  • SSD
  • SSHD
Apa saja perbedaan antara HDD,SSD,&SSHD?
di sini akan saya jelaskan.
Hasil gambar untuk kelebihan dan kekurangan hdd ssd dan sshd
  • HDD (Hard Disk Drive)

HDD merupakan salah satu komponen perangkat keras komputer atau hardware pendukung komputer atau laptop yang menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output untuk meletakkan/menyimpan data (data storage device) berupa keping disk berlapis material-magnetis yang berputar dari proses data yang dilakukan oleh user. Data tetap akan tersimpan meski daya listrik diputuskan, jadi termasuk jenis Memori Non Volatile.
      Semakin besar kapasitas hardisk, maka semakin besar pula hardware tersebut dalam menyimpan data. Hardisk menjadi salah satu alat penyimpan data yang terbilang memiliki muatan memori cukup besar. Biasanya, banyak orang menggunakan hardisk untuk melakukan duplikasi data yang tersimpan di sebuah sistem komputer miliknya.
      Kita tau sendiri bahwa perangkat komputer sering sekali mengalami error karena virus sistem yang merusaknya, nah agar data – data penting dalam komputer tersebut tidak hilang maka digunakanlah perangkat hardisk untuk hal tersebut. Seiring perkembangan sistem teknologi, perangkat hardisk saat ini tidak hanya digunakan untuk menyimpan data – data penting pada komputer namun juga digunakan sebagai memory eksternal untuk perangkat PS (Playstation).
       Ciri-ciri hardisk yang paling ketara adalah terdapat part yang bergerak yaitu piringan. Piringan tersebut bergerak pada porosnya saat terjadi proses baca tulis. Kecepatanya pun bervariasi tergantung spesifikasi yang tertera, kebanyakan 52oo RPM untuk kelas normal dan 7200 RPM untuk kelas yang lebih cepat.

  • SSD (SOLID STATE DRIVE)
Merupakan perangkat penyimpanan generasi baru, berbasis teknologi flash memory untuk menyimpan data. SSD adalah media penyimpanan data yang menggunakan memori (nonvolatile memory) sebagai media, dan tidak menggunakan disk magnetis seperti disk hardisk konvensional. Berbeda dengan memori (volatile memory) (misalnya RAM), data yang tersimpan pada SSD tidak akan hilang meskipun daya listrik tidak ada. Karena penggunaan flash memory inilah SSD dianggap lebih tahan lama dibanding HDD maupun SSHD.


  • SSHD (SOLID STATE HYBIRD DRIVE)
SSHD adalah media penyimpanan jenis baru yang merupakan gabungan (Hybrid) antara teknologi SSD (Solid State Drive) dan HDD (Hard Disk Drive) didalam satu perangkat penyimpanan. Pada dasarnya SSHD berbasis platter (piringan), tapi juga menyertakan flash memory agar transfer data menjadi lebih efisien.

Tujuan utamanya adalah menekan harga mahalnya SSD dan meningkatkan kecepatan baca HDD. Jadi SSHD ini memiliki kecepatan seperti SSD namun memiliki keleluasaan ruang seluas HDD. Komposisinya adalah beberapa giga SSD dan lebih banyak storage HDD. Jadi untuk file yang sering di akses atau membutuhkan kecepatan untuk mengaksesnya akan di letakkan di SSD dan sisanya pada HDD.

Nah... itu lah perbedaan antara HDD,SSD,& SSHD
jika kalian masih bingung mau pilih HDD,SSD,atau SSHD
saya akan memberikan tabel kriterianya
Hasil gambar untuk kelebihan dan kekurangan hdd ssd dan sshd

Dari tabel kriteria di atas kalian sudah tahu kan mana yang lebih unggul.

Jadi bagaimana nih kawan sudah taukan perbedaan anatara HDD,SSD, dan juga SSHD.

Komentar

Postingan Populer